• Wed. Apr 14th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Permintaan bahan bakar naik, impor minyak mentah China Januari-Februari tumbuh 4%

Byadmin

Mar 7, 2021


ILUSTRASI. Ilustrasi impor minyak China.;Sumber foto : cnss.com.cn

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KABARBRONIS.COM – BEIJING. Impor minyak mentah China untuk dua bulan pertama tahun 2021 mencapai 89,57 juta ton, naik 4,1% dari tahun lalu dan naik 9,3% dari periode yang sama tahun 2019, didukung oleh permintaan bahan bakar yang solid dan perluasan kapasitas penyulingan negara.

Mengutip Reuters, Minggu (7/3), pengiriman minyak mentah pada Januari dan Februari setara dengan 11,08 juta barel per hari, menurut data yang dipublikasikan oleh Administrasi Umum Kepabeanan. Bea Cukai tidak mengungkapkan kerusakan selama beberapa bulan.

Impor minyak mentah terganggu pada awal tahun lalu ketika wabah Covid-19 pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan di China tengah, dan lockdown berikutnya menghentikan operasi pelabuhan dan mengurangi permintaan bahan bakar.

Kelompok baru infeksi virus corona domestik dan pembatasan Beijing pada perjalanan liburan awal tahun ini dapat mengurangi permintaan minyak 400.000 barel per hari pada kuartal ini, tetapi analis tidak memperkirakan hal ini akan menggagalkan pemulihan konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: China menyetujui 3 obat tradisional untuk pengobatan Covid-19

China menaikkan kuota impor minyak mentah non-negara sebesar 20% tahun ini setelah peluncuran fasilitas penyulingan baru di kilang besar termasuk Zhejiang Petrochemical Corp (ZPC) dan Shenghong Petrochemical.

Pembelian minyak mentah akan melambat pada kuartal kedua setelah patokan harga Brent mencapai level tertinggi 13 bulan, mendinginkan permintaan dan membatasi margin penyulingan saat mereka bersiap untuk tutup untuk pemeliharaan yang direncanakan.

Impor gas alam China naik 17,4% menjadi 20,80 juta ton untuk dua bulan pertama dari tahun lalu, karena cuaca dingin meningkatkan permintaan untuk bahan bakar pemanas musim dingin. Impor periode yang sama tahun 2019 sebanyak 17,36 juta ton.

Data menunjukkan, ekspor produk minyak sulingan China naik 1,9% untuk periode Januari-Februari dari tahun sebelumnya menjadi 10,96 juta ton.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *