• Fri. Apr 16th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

10 Jurusan di ITB raih peringkat 1 terbaik di Indonesia 2021

Byadmin

Mar 9, 2021


KABARBRONIS.COM –  Quacquarelli Symonds World University Rankings atau biasa disingkat QS WUR, merupakan salah satu lembaga pemeringkatan universitas. 

Secara rutin QS WUR merilis daftar kampus terbaik di dunia. Lembaga pemeringkatan ini juga merilis daftar universitas terbaik sesuai dengan jurusan tertentu. 

Tahun ini, Institut Teknologi Bandung atau ITB memiliki banyak jurusan yang masuk daftar terbaik di ASEAN dan nasional. 

Melansir situs resmi ITB, Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyambut baik rilisnya daftar universitas terbaik oleh QS WUR tahun 2021. 

Melalui skema QS Asia University Rankings 2021, tiga universitas di Indonesia masuk dalam daftar 100 besar universitas terbaik di Asia. 

Universitas tersebut adalah Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia dan ITB. 

Tiga universitas tersebut bersama dengan Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, Binus University, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, masuk dalam daftar 10 universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR 2021.

Prof. Reini menyampaikan jika ITB dan beberapa perguruan tinggi lain di ASEAN meraih posisi yang lebih baik dalam QS terbaru tersebut meski tidak nomor satu. 

ITB sendiri mengalami kenaikan peringkat dibandingkan tahun 2020. ITB semula menempati peringkat 331 dunia, kemudian naik menjadi posisi 313 tahun 2021. 

Baca Juga: Cara mendaftar dan syarat penerima kuota internet gratis Kemendikbud 2021

Jurusan di ITB masuk daftar terbaik ASEAN dan Indonesia

Bersumber dari situs ITB, ada sebanyak 10 program studi (prodi) di ITB yang masuk daftar terbaik se ASEAN. 

Jurusan-jurusan yang masuk dalam daftar terbaik di ASEAN diantaranya adalah

  • Seni dan Desain
  • Teknik Perminyakan
  • Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Matematika
  • Astronomi
  • Arsitektur

Sedangkan dalam lingkup nasional, selain 10 jurusan tersebut, ada satu lagi jurusan di ITB yang masuk daftar terbaik di Indonesia yaitu Teknik Kimia. 

“Ini tantangan kita bersama, dan kita perlu saling bergandengan tangan untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi dan riset, dan sejalan dengan prinsip ITB, yaitu ‘in harmonia progressio, bekerja bersama membangun bangsa,” ungkap Prof. Reini. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *