• Wed. Apr 14th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

DPRD DKI panggil Sarana Jaya guna bahas dugaan korupsi pengadaaan lahan rumah DP Rp 0

Byadmin

Mar 15, 2021


KABARBRONIS.COM – JAKARTA. DPRD DKI Jakarta memanggil Perumda Pembangunan Sarana Jaya perihal dugaan korupsi pengadaan lahan proyek rumah DP Rp 0 di Munjul, Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. 

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz mengatakan, pembahasan akan dilakukan hari ini dan dilakukan secara tertutup di Gedung DPRD DKI Jakarta. 

“Jam 13.00 WIB, (dilakukan) tertutup,” kata Aziz saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (15/3). 

Dia menambahkan, pembahasan dilakukan tertutup agar pihak Pembangunan Sarana Jaya bisa lebih terbuka membicarakan hal-hal sensitif dengan anggota dewan. “Biasanya kalau terbuka, isu-isu sensitif tidak dikeluarkan,” lanjut Aziz. 

Aziz mengatakan, pemanggilan Pembangunan Sarana Jaya akan membahas secara keseluruhan soal dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul untuk proyek rumah DP Rp 0. 

Baca Juga: KPK amankan dokumen terkait pengadaan lahan di Cipayung usai geledah 3 lokasi

Kasus korupsi ini sendiri dikhawatirkan dapat mengganggu rencana kerja proyek prioritas yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

“Timeline-nya berapa lama yang terganggu, antisipasi seperti apa, plan A plan B-nya seperti apa,” ungkap Aziz. 

Dugaan korupsi Dirut Pembangunan Sarana Jaya 

Dugaan kasus korupsi pengadaan lahan di Munjul mencuat setelah Direktur Utama Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

“Sejak hari Jumat (5/3) ditetapkan tersangka oleh KPK,” kata Riza, Senin (8/3). 

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Riza mengatakan, Pemprov DKI langsung menonaktifkan Yoory sebagai Dirut Pembangunan Sarana Jaya. Pemprov DKI menunjuk Direktur Pembangunan Pembangunan Sarana Jaya Indra Sukmono sebagai Plt Direktur Utama Pembangunan Sarana Jaya. 

Riza juga memastikan pembangunan proyek rumah DP Rp 0 tetap berjalan karena masih banyak orang yang bisa menggantikan posisi sementara Yoory. “BUMD kan enggak satu orang saja, ada direktur (yang lain), manajer, ada satu tim,” kata Riza. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “DPRD DKI Panggil Sarana Jaya, Bahas Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Rumah DP 0”.

 

 

Editor: Anna Suci Perwitasari



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *