• Fri. Apr 16th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Ternyata tidak semua susu sama, susu sapi A2 bisa meningkatkan imunitas tubuh

Byadmin

Mar 16, 2021


KABARBRONIS.COM – JAKARTA.  Empat sehat lima sempurna. Pola makanan sehat itu menjadi patokan masyarakat. Terlebih di masa pandemi. Tapi ternyata  tak semua susu sama.

Ada dua protein di susu yakni beta-kasein A1 dan A2. Nah,  susu sapi biasa yang banyak beredar mengandung dua tipe protein utama tersebut. Sementara, susu dari sapi A2 ini hanya mengandung beta-kasein A2.  “Beta-kasein A1 melepaskan fragmen yang disebut sebagai beta-casomorphin-7 (BCM-7). Fragmen BCM-7 inilah yang menyebabkan timbulnya masalah kesehatan pada tubuh, diantaranya masalah pencernaan, ” kata  Keith Woodford, Profesor Kehormatan Sistem Agri-Food, Lincoln University, Selandia Baru, dalam  paparan daring, pekan lalu. 

 

Apabila masuk ke sistem peredaran darah, BCM-7 mengalir ke organ tubuh yang memiliki reseptor mu-opioid . Organ yang dapat terpengaruh termasuk jantung, paru-paru, pankreas, ginjal, dan otak. Oleh karena itu, BCM-7 merupakan salah satu faktor pemicu resiko penyakit jantung, diabetes tipe 1, berbagai kondisi pernapasan hingga berpengaruh pada kesehatan psikologis dan mental. Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh genetika individu masing-masing.

 

Solusi mengurangi resiko terhadap permasalahan kesehatan ini adalah dengan mengurangi konsumsi susu sapi biasa (A1) 100%. Susu sapi A2 yang hanya memiliki kandungan beta-kasein A2 lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia.  “Saat tubuh mengkonsumsi susu sapi A2 dan mencerna beta-kasein A2 tidak akan terbentuk senyawa BCM-7 sehingga tidak akan menimbulkan efek pada kesehatan manusia, seperti rasa tidak nyaman pada perut ataupun resiko penyakit serius lainnya,” tambah Profesor Keith. 

 

Susu sapi A2 juga memiliki kebaikan untuk kekebalan tubuh manusia,. Pada manusia, Air Susu Ibu (ASI) juga hanya mengandung 100% beta-kasein A2 tanpa ada kandungan beta-kasein A1. Sehingga tidak menimbulkan masalah pada bayi dan meningkatkan imunitas tubuh bayi.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *