• Wed. Apr 14th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Sekolah wajib beri opsi tatap muka saat mulai tahun ajaran baru 2021

Byadmin

Mar 19, 2021


ILUSTRASI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KABARBRONIS.COM – JAKARTA. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut sekolah wajib memberikan pilihan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas setelah mayoritas guru dan tenaga kependidikan menerima vaksin Covid-19. 

“Setelah mayoritas pendidik dan tenaga kependidikan di vaksin dosis kedua dan selambatnya tahun ajaran baru, maka satuan pendidikan diwajibkan memberikan opsi layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas,” kata Nadiem dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR, Kamis (18/3), mengutip laman Antara News. 

Meski begitu, Nadiem kembali menegaskan bahwa PTM terbatas tetap memerlukan izin orangtua siswa termasuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. 

Sehingga, walaupun satuan pendidikan mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka, orangtua bisa memutuskan untuk menyertakan anaknya dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Termasuk bagi warga satuan pendidikan yang memiliki penyakit penyerta yang tidak terkontrol, maka dilarang mengikuti pembelajaran tatap muka. 

Baca Juga: Mendikbud sebut Indonesia tertinggal di pelaksanaan kembali pembelajaran tatap muka

Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Nadiem menegaskan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kunci. 

Ia meminta kepala satuan pendidikan, pemerintah daerah dan otoritas terkait wajib memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas, termasuk menghentikan sementara kegiatan pembelajaran kalau ada kasus penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. 

“Kepsek harus memastikan seluruh pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan memenuhi seluruh protokol kesehatan, serta menyiapkan satgas Covid-19 di satuan pendidikan,” terangnya. 

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah, lanjut dia, harus melakukan pemeriksaan rutin dan menghentikan pembelajaran tatap mula bila ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah. (Ayunda Pininta Kasih)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tahun Ajaran Baru 2021, Nadiem: Sekolah Wajib Beri Opsi Tatap Muka”.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KABARBRONIS Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *