• Sun. Apr 11th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Rekomendasi saham 3 emiten ritel: MAPI, ACES dan RALS

Byadmin

Mar 21, 2021


KABARBRONIS.COM – JAKARTA. Proses vaksinasi Covid-19 kini jadi fokus utama pemerintah sebagai salah satu langkah untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19 sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi. Langkah ini dinilai bisa menjadi katalis positif untuk kinerja emiten sektor ritel ke depan.

Analis NH Korindo Sekuritas Putu Chantika mengatakan, jika proses vaksinasi berjalan dengan baik dan sesuai rencana, akan berpotensi memberi dampak yang positif bagi pelaku dunia usaha dan perekonomian. Hal ini, pada akhirnya akhirnya akan ikut mengerek porsi pengeluaran masyarakat kembali naik.

“Dengan adanya katalis positif ini, potensi pemulihan industri retail jadi lebih besar. Terlebih, beberapa retailers kini juga memiliki strategi penjualan online,” kata Putu ketika dihubungi KABARBRONIS.COM, Jumat (19/3).

Putu bilang, salah satu emiten ritel yang punya kinerja cukup baik pada penjualan secara online adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Pada tahun lalu, MAPI berhasil membukukan pertumbuhan tiga digit untuk penjualan e-commerce-nya. Ini membuktikan bahwa strategi manajemen MAPI cukup efektif dengan menghadirkan layanan pemesanan melalui Chat and Buy dan platform MAPEMALL.

Baca Juga: Daya beli masyarakat membaik, berikut rekomendasi saham emiten sektor ritel

Sementara untuk PT Ace Hardware Tbk (ACES), Putu menilai, kontribusi penjualan online terhadap pendapatan masih minim. Pasalnya, secara nature of business-nya, ia melihat masyarakat masih memilih untuk mengunjungi gerainya ketimbang beli secara online.

Selain penjualan online, salah satu katalis positif yang berpotensi mendongkrak kinerja emiten ritel adalah momen festive season seperti lebaran. Sudah jadi rahasia umum bahwa momen festive season menjadi andalan bagi sektor ritel untuk mendongkrak penjualannya.

“Semoga saja para retailers dapat memanfaatkan momentum (lebaran) lebih baik di tahun ini untuk mendongkrak penjualan. Kalau pada tahun lalu retailers kan kehilangan momentum ini karena adanya larangan mudik,” imbuh Putu

Sementara untuk sentimen yang berpotensi jadi katalis negatif, Putu meyakini faktor seperti pengetatan pembatasan sosial kembali, hingga proses vaksinasi yang lambat dan tidak sesuai harapan bisa menghambat kinerja emiten ritel.

Berikut rekomendasi para analis untuk saham-saham sektor ritel:

1. PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAPI)

MAPI pada tahun lalu berhasil membukukan pertumbuhan tiga digit untuk penjualan e-commerce-nya. Hal ini membuktikan strategi manajemen MAPI cukup efektif dengan menghadirkan layanan pemesanan melalui Chat and Buy dan platform MAPEMALL. Selain itu, segmentasi pasar MAPI yang kelas menengah ke atas jauh lebih resilience di situasi seperti ini

Analis NH Korindo Sekuritas Putu Chantika merekomendasikan untuk beli saham MAPI dengan target harga Rp 870 per saham

2. PT Ace Hardware Tbk (ACES)

ACES pada tahun ini telah menyiapkan dua boom sale guna mendongkrak pertumbuhan same store sales growth (SSSG). Strategi ini diperkirakan bisa membuat pertumbuhan SSSG ACES sebesar 3,0%, lebih baik dari tahun 2020 yang turun 9,0%. Lalu, pada tahun ini, ACES diperkirakan dapat menambah 11 toko baru.

Analis Maybank Kim Eng Sekuritas Willy Goutama dan Aurellia Setiabudi merekomendasikan beli saham ACES dengan target harga Rp 1.950 per saham.

3. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS)

RALS akan melakukan pembelian kembali (buyback) sebanyak-banyaknya 354,8 juta saham. Jumlah tersebut setara 5% dari dari modal disetor. Aksi ini dapat berdampak positif untuk mengerek harga saham. RALS juga berpotensi diuntungkan dari momentum lebaran yang bisa menjadi salah satu pendongkrak kinerja tahun ini.

Analis RHB Sekuritas Vanessa Karmajaya merekomendasikan netral untuk saham RALS dengan target harga Rp 710 per saham.

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *