• Sun. Apr 11th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Terdampak pandemi, penjualan sepeda motor Kawasaki anjlok hingga 43% di tahun 2020

Byadmin

Mar 23, 2021


ILUSTRASI. Kawasaki. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama.

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KABARBRONIS.COM – JAKARTA. Tahun 2020 bukanlah tahun yang mudah bagi para agen pemegang merek (APM) sepeda motor. Lantaran penjualan kendaraan roda dua yang merosot tajam akibat dari pandemi covid-19. Hal tersebut salah satunya dirasakan oleh Kawasaki yang penjualan sepeda motornya ikut anjlok selama tahun 2020. 

Head & Sales Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C Tanadhi menyebut, review penjualan Kawasaki di tahun 2020 terbilang sangat buruk. Meskipun begitu, Kawasaki memang sudah memprediksikan penurunan penjualan tersebut sejak awal pandemi tahun lalu. “Kami sudah memperkirakannya, dan kami melihat pergerakan yang cukup baik di akhir tahun 2020,” ucap Michael kepada KABARBRONIS, Senin (22/3). 

Michael menyebut, penurunan penjualan yang terjadi di sepanjang tahun 2020 berkisar 43% dibanding tahun 2019. Penurunan yang sama pun terjadi pada penjualan sepeda motor domestik di tanah air. 

Baca Juga: Beredar rumor pengembangan motor sport terbaru Kawasaki Ninja, simak bocorannya

Apabila menilik data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), disebutkan bahwa penjualan sepeda motor anjlok 43,57% dari tahun 2019. Dengan rincian, penjualan domestik di tahun 2020 tercatat sebesar 3.660.616, sedangkan di tahun sebelumnya penjualan sepeda motor mencapai angka 6.487.460. 

Meskipun cukup terpukul dengan kondisi di tahun lalu, Kawasaki optimistis dan menargetkan pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan di tahun ini. Namun lagi-lagi, Michael enggan membeberkan berapa  target pertumbuhan yang ingin dicapai. “Di tahun 2021 pasti ada peningkatan tetapi market belum bisa stabil,” tambahnya. 

Seperti yang diketahui, penjualan sepeda motor domestik mulai menunjukkan pemulihan di awal tahun 2021.Masih berdasarkan data AISI, disebutkan bahwa angka penjualan sepeda motor pada periode Januari 2021 merupakan yang tertinggi sejak April tahun lalu, yakni mencapai angka 394,733. 

Kawasaki pun menyambut kabar baik tersebut dengan positif. Michael mengatakan, Kawasaki akan merilis sejumlah model sepeda motor baru di tahun ini. Meskipun begitu, Michael belum bisa membeberkan secara rinci  jenis motor apa saja yang akan rilis. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KABARBRONIS Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *