• Thu. Apr 15th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Berburu rumah bersubsidi? Ini 3 aplikasi untuk cek informasi dan cara mengaksesnya

Byadmin

Mar 24, 2021


KABARBRONIS.COM – Sedang berburu rumah bersubsidi? Pemerintah menyiapkan tiga aplikasi yang bisa masyarakat akses untuk memperoleh informasi rumah bersubsidi yang masih tersedia.

Kebutuhan masyarakat terhadap rumah dengan harga terjangkau terus meningkat. Untuk mengatasi backlog dalam penyediaan hunian bagi masyarakat menengah ke bawah atau berpenghasilan rendah, tahun ini pemerintah terus menggenjot pembiayaan rumah bersubsidi. 

Salah satunya melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lalu, bagaimana masyarakat bisa mengakses informasi rumah bersubsidi? 

Baca Juga: Penyaluran KPR FLPP bank masih deras di awal tahun ini

Mengutip laman Indonesia.go.id, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan tiga sarana daring untuk keperluan mengecek informasi tentang rumah bersubsidi, lokasi, harga, pengembang, hingga transaksi pembeliannya.

Pertama, melalui situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR. 

Kedua, lewat situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) https://sikumbang.ppdpp.id/. Laman ini dikelola Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR. 

Ketiga, melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) yang terlebih dulu harus diunduh di aplikasi Play Store.

 Baca Juga: Pekerja dengan gaji di bawah Rp 4 juta bisa miliki rumah, begini caranya

Berikut cara mengakses tiga sarana tersebut:

Situs Rumahsubsidi

Situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah bersubsidi di seluruh provinsi Indonesia. 

Laman ini juga dapat diakses oleh para pengembang yang mau memasukkan data perumahan bersubsidi mereka.

Bagi para calon pembeli, situs tersebut menyediakan fitur informasi mengenai lokasi rumah bersubsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah, hingga nama pengembang.

Untuk mengakses informasi tersebut melalui situs ini, pengunjung laman hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia. 

Baca Juga: Inilah perbedaan subsidi KPR FLPP dan BP2BT



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *