• Fri. Apr 16th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Gerakan rudal, Kim Jong Un tantang Amerika Serikat

Byadmin

Mar 24, 2021


ILUSTRASI. Gerakan rudal, Kim Jong Un tantang Amerika Serikat

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KABARBRONIS.COM – Washington DC. Tentara Kim Jong Un kembali menantang Amerika Serikat. Militer Korea Utara menguji coba beberapa rudalnya, berselang beberapa hari setelah pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) bersafari ke Asia.

Uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara tersebut dilaporkan oleh seorang pejabat AS pada Selasa (23/3/2021) sebagaimana dilansir AFP. Pejabat tersebut mengatakan, uji coba itu merupakan tantangan terbuka pertama yang dilemparkan Pyongyang terhadap pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Pejabat itu mengonfrmasi bahwa sebanyak dua rudal telah diuji coba Korea Utara pada Minggu (21/3/2021). Uji coba tersebut sejalan dengan praktik Pyongyang di masa lalu yang biasa menggunakan uji coba rudalnya untuk memprovokasi Washington dan Seoul.

Meskipun pejabat tersebut tidak akan memerinci jenis rudal tersebut, The Washington Post melaporkan bawah rudal yang diuji coba tersebut merupakan rudal jarak pendek. Peluncuran rudal tersebut itu dilakukan setelah intelijen memperingatkan bahwa Pyongyang mungkin sedang mempersiapkan tindakan semacam itu.

Pejabat itu mengatakan, AS berhasil mendeteksi peluncuran rudal saat uji coba itu terjadi. Tapi tidak seperti biasanya, baik Korea Selatan, Korea Utara, dan juga pernyataan resmi AS tetap diam mengenai peluncuran rudal tersebut sampai sekarang.

Baca juga: Xi Jinping dan Kim Jong Un saling bertukar pesan, ini isinya

Peluncuran semacam itu, terutama rudal balistik berkemampuan nuklir, biasanya disertai dengan pengumuman sombong dari Pyongyang dan ditanggapi Seoul dengan kecaman keras.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *