• Wed. Apr 14th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Bikin cemas! Korea Utara tembakkan dua rudal balistik ke Laut Jepang

Byadmin

Mar 25, 2021


ILUSTRASI. Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik ke Laut Jepang.

Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KABARBRONIS.COM – PYONGYANG. Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik ke Laut Jepang. Menurut pejabat Jepang dan AS, uji coba rudal semacam itu merupakan yang pertama sejak Joe Biden menjadi presiden AS.

Melansir BBC, Pyongyang dilarang melakukan uji coba rudal balistik berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Jepang mengatakan tidak ada puing-puing yang jatuh di perairan teritorialnya.

Itu terjadi hanya beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah non-balistik ke Laut Kuning.

Pengujian rudal jelajah tidak dilarang, tetapi rudal balistik dianggap senjata yang mengancam.

Reuters yang dilansir BBC memberitakan, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan pada hari Kamis bahwa uji coba rudal tersebut menimbulkan ancaman bagi keamanan dan perdamaian di wilayah tersebut.

Baca Juga: Setahun libur uji coba, Korea Utara luncurkan 2 rudal jelajah

Sebuah pernyataan dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan awalnya melaporkan peluncuran dua “proyektil tak dikenal”.

Fokus saat ini dari tim Gedung Putih yang baru dan sekutunya adalah peninjauan yang akan datang atas kebijakan Korea Utara.

Sanksi selama puluhan tahun dan tiga pertemuan puncak antara mantan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah gagal mencegah Pyongyang mengembangkan persenjataan nuklir yang lebih besar dan lebih mematikan.

Baca Juga: Aneh, Amerika Serikat diam saja ditantang Korea Utara

Ini adalah uji senjata kedua Korea Utara hanya dalam beberapa hari. Pada hari Minggu, Pyongyang meluncurkan dua senjata jarak pendek – kemungkinan besar artileri atau rudal jelajah – yang oleh presiden AS digambarkan sebagai “bisnis seperti biasa”.

Akan tetapi, peluncuran rudal balistik terbaru ini jelas merupakan pelanggaran sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan bisa terbukti lebih sulit bagi Biden untuk mengabaikannya. 

Pemerintahan Biden sedang melakukan peninjauan terhadap kebijakan Korea Utara dan mencoba menemukan cara untuk membujuk rezim agar menyerahkan persenjataan nuklirnya yang sedang berkembang.

Washington berusaha menghubungi Pyongyang untuk melakukan pembicaraan beberapa kali pada Februari, tetapi tidak mendapat tanggapan.

Korea Utara telah menghabiskan satu tahun dalam isolasi total selama pandemi Covid-19, bahkan memutus hampir semua perdagangan dengan sekutunya China. Namun, tampaknya militer Korea Utara sekarang kembali menguji coba rudal dan mendapatkan perhatian dari Gedung Putih.

 

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *