• Fri. Apr 16th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Tren akuisisi asuransi global meningkat di tengah pandemi

Byadmin

Mar 26, 2021


ILUSTRASI. Tren akuisisi asuransi global meningkat di tengah pandemi

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KABARBRONIS.COM –  JAKARTA. Tren akuisisi asuransi global meningkat di tengah pandemi. Perusahaan asuransi asal Jerman Allianz dikabarkan selangkah lagi melakukan akuisisi terhadap Aviva di Polandia senilai US$ 2,9 miliar. Sebelumnya AIA juga siap membayar US$ 650 juta untuk mencaplok unit asuransi jiwa Bank of East Asia Ltd.

Allianz disebut mengalahkan tawaran pesaingnya Generali dari Italia dan Insurer NN dari Belanda. Sumber Reuters yang mengetahui informasi mengatakan, pembicaraan Allianz dan Aviva sudah hampir final dan  kemungkinan kesempatan akuisisi bisa diumumkan secepatnya pada Jumat (27/3).

Allianz menang dalam lelang kompetitif yang dimulai tahun lalu ketika bos Aviva, Amanda Blanc, memulai rencana ambisius untuk menjual asetnya di seluruh Eropa dan mengalihkan fokus perusahaan ke operasi intinya di Inggris, Kanada, dan Irlandia. Saat dikonfirmasi, Juru bicara Aviva mengatakan bahwa perusahaan asuransi Inggris sedang menjajaki opsi untuk mengakuisisi bisnisnya di Polandia. 

Aviva merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Polandia setelah PZU milik negara dan penyedia asuransi umum terbesar kesepuluh di negara itu. Bisnisnya di  Polandia juga mencakup dua kemitraan bancassurance utama dengan Santander dan ING.

Baca Juga: HSBC Indonesia dan Allianz Indonesia perkuat kerja sama bancassurance

Allianz, yang baru-baru ini kehilangan kesepakatan untuk membeli operasi Aviva di Prancis, mengajukan tawaran tertinggi untuk unit di Polandia untuk meningkatkan pengaruhnya di seluruh Eropa tengah dan timur. Perusahaan ini telah mengoperasikan bisnis asuransi jiwa dan asuransi umum di Polandia sebaik bisnisnya di berbagai negara di Eropa Timur lain seperti Rusia dan Ukraina.

Allianz menempati peringkat sebagai perusahaan asuransi terbesar di Eropa dan meskipun tidak memiliki rencana untuk mengembangkan operasi asuransi jiwanya. Perusahaan ini melihat kesepakatan itu sebagai batu loncatan untuk memperluas lebih jauh di pasar Eropa tengah dan timur yang menguntungkan.

Menurut sumber Reuters tersebut, Generali dan NN sebenarnya hampir menyamai tawaran Allianz setelah Aviva memberi kesempatan kepada penawar untuk mempermanis tawaran mengikat mereka yang awalnya diajukan pada 22 Maret.

Analis Panmure Gordon awalnya memperkirakan penjualan aset Eropa Aviva yang tersisa di Polandia dan Italia akan bernilai sekitar US$ 2,9 miliar  secara keseluruhan.

Baca Juga: Kondisi ekonomi membaik, unitlink saham dinilai bisa jadi pilihan nasabah






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *