• Sun. Apr 11th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

AS siapkan bantuan kemanusiaan senilai hampir US$ 600 juta untuk Suriah

Byadmin

Mar 31, 2021


ILUSTRASI. Para siswa memakai masker pelindung saat mengikuti pelajaran pada permulaan tahun ajaran baru di tengah kekhawatiran atas penyebaran virus corona (COVID-19), di Damaskus, Suriah, Minggu (13/9/2020).

Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KABARBRONIS.COM – BRUSSELS. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mengumumkan bahwa AS akan segera mengalirkan dana bantuan kemanusiaan ke Suriah dengan nilai hampir US$ 600 juta.

Pengumuman ini disampaikan Blinken saat menghadiri konferensi bertajuk “Mendukung Masa Depan Suriah dan Kawasan” di Brussels, yang berlangsung pada 29-30 Maret 2021.

Dikutip dari Arab News, Blinken menegaskan bahwa tidak ada solusi militer yang akan membawa perdamaian, keamanan, dan stabilitas ke Suriah dan kawasan tersebut.

“Korupsi sitemik dan kesalahan mengurus ekonomi di tangan rezim Assad telah memperburuk krisis kemanusiaan yang mengerikan, semakin diperparah oleh tantangan Covid-19,” ungkap Blinken.

Bantuan ratusan juta dolar AS ini juga ditegaskan kembali oleh Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, dalam jumpa persnya hari Selasa (30/3).

Baca Juga: China dan Brasil jadi negara dengan bank sentral paling ramah lingkungan di dunia

Ia menyampaikan bahwa tambahan ratusan juta dolar tersebut membuat nilai bantuan AS ke Suriah kini telah mencapai hampir US$ 13 miliar.

“Pendanaan ini membuat total bantuan kemanusiaan AS ke Suriah menjadi hampir US$ 13 miliar sejak dimulainya krisis selama satu dekade. Itu termasuk hampir US$ 141 juta bantuan untuk melawan pandemi Covid-19,” ungkap Thomas-Greenfield, seperti dikutip Arab News.

Utusan di PBB tersebut juga menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan AS akan memberi manfaat kepada sekitar 13,4 juta warga Suriah di negaranya sendiri, serta 5,6 juta pengungsi Suriah yang tersebar di Turki, Lebanon, Yordania, Iran, dan Mesir.

Biro Kependudukan, Pengungsi dan Migrasi AS mengatakan ada 75% dari sekitar 4 juta pengungsi Suriah di barat laut negara itu bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup.

Badan pemerintahan tersebut memastikan bahwa bantuan AS tidak diberikan ke pemerintah, melainkan disalurkan melalui badan-badan PBB dan LSM.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *