• Wed. Apr 14th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Begini kemampuan rudal taktis Iskander Rusia yang ditiru Korea Utara

Byadmin

Apr 1, 2021


Sumber: TASS,Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KABARBRONIS.COM – Pekan lalu, Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek, yang diyakini sebagai versi upgrade dari rudal KN-23 yang meniru model Iskander buatan Rusia. 

Media Pemerintah Korea Utara menyebutkan, rudal balistik jarak pendek itu adalah peluru kendali taktis baru.

“Rusia mengembangkan rudal Iskander berbahan bakar padat untuk menggantikan rudal Scud jenis cair. Korea Utara juga mengambil langkah serupa,” kata Lee Sang-min dari Institut Analisis Pertahanan Korea (KIDA), Kamis (1/4), seperti dikutip Yonhap.

“Korea Utara mengklaim, rudal yang ditembakkan minggu lalu memiliki jangkauan 600 kilometer. Untuk menjadi pengganti rudal Scud, senjata ini perlu memiliki jarak terbang yang lebih jauh,” ujar dia. 

“Jadi, Korea Utara kemungkinan akan terus meningkatkan rudal ini dan melakukan lebih banyak uji coba peluncuran,” tambahnya.

Baca Juga: Gantikan Scud, Korea Utara kemungkinan lebih banyak uji coba rudal varian Iskander

Mengutip laman Missile Threat, Iskander buatan Rusia adalah rudal balistik jarak pendek dengan jangkauan hingga 500 km. 

Dengan menggunakan transporter-erector-launcher (TEL) dan kendaraan pendukung, sistem rudal taktis ini juga bisa menembakkan rudal jelajah 9M728 dan 9M729. Kendaraan pendukung bisa membawa dua rudal.

Siap gantikan Iskander

Rudal Iskander mampu membawa hulu ledak hingga 700 kilogram. Hulu ledak konvensional termasuk hulu ledak kluster, bahan peledak bahan bakar udara, penghancur bunker, dan hulu ledak electromagnetic pulse (EMP).

Pelu kendali yang diberi nama SS-26 Stone oleh NATO tersebut bisa terbang pada lintasan depressed dan bermanuver hingga 30 G dalam penerbangannya. Kecepatannya hingga 2.000 meter per detik atau Mach 5,9.

Baca Juga: Ini deretan rudal Korea Utara yang bikin gentar, mulai Scud hingga Taepodong






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *