• Sat. Apr 10th, 2021

KABARBRONIS

Berbagi info untukmu

Pejabat AS dan Iran akan ke Wina untuk pembicaraan kesepakatan nuklir

Byadmin

Apr 2, 2021


ILUSTRASI. Bendera Iran-AS. REUTERS/ Patrick T. Fallon TPX IMAGES OF THE DAY

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KABARBRONIS.COM – PARIS. Pejabat dari Teheran dan Washington akan melakukan perjalanan ke Wina minggu depan sebagai bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan global, meskipun mereka tidak akan mengadakan pembicaraan langsung, kata para diplomat pada hari Jumat.

Bahkan tanpa pembicaraan tatap muka, yang telah dikesampingkan oleh Teheran, kehadiran Iran dan Amerika Serikat di ibu kota Austria akan menandai langkah maju dalam upaya untuk membawa kedua belah pihak kembali mematuhi perjanjian.

“Iran dan AS akan berada di kota yang sama, tetapi bukan ruangan yang sama,” kata sumber diplomatik Eropa. Seorang diplomat Barat mengatakan pendekatan diplomasi ulang-alik akan diadopsi.

Baca Juga: AS beri arahan kepada Jepang dan Korea Selatan terkait aktivitas Korea Utara

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah menarik diri dari kesepakatan pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi AS terhadap Iran, mendorong Teheran untuk melanggar beberapa pembatasan nuklir pakta sebagai pembalasan.

UE, yang mengoordinasikan upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan, mengatakan bahwa peserta minggu depan di Wina akan berusaha untuk “mengidentifikasi dengan jelas langkah-langkah pencabutan sanksi dan implementasi nuklir,” termasuk melalui pertemuan kelompok ahli yang relevan.

“Dalam konteks ini, koordinator juga akan mengintensifkan kontak terpisah di Wina dengan semua peserta JCPOA dan Amerika Serikat,” tambahnya dalam sebuah pernyataan, mengacu pada akronim kesepakatan tersebut.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *